Pengembangan manajemen SDM di dalam perusahaan saat ini dihadapkan pada aspek kompetisi yang semakin kuat. Nilai kompetitif dalam perusahaan yang selalu menjadi pertimbangan adalah permasalah biaya dari SDM (Sumber Daya Manusia) itu sendiri. Dimana pertumbuhan dari biaya SDM yang semakin lama semakin rumit dan tidak kadangkala tidak mengakomodasi pertumbuhan perusahaan itu sendiri. Namun, hal ini menjadi tantangan tersendiri dalam perusahaan.
Peranan dari manajemen SDM (Sumber Daya Manusia) itu sendiri menjadi sangat strategis untuk dapat mengoptimalkan nilai perusahaan untuk mendapatkan aspek skala kompetitif yang lebih baik dibandingkan dengan bisnis sejenis lainnya. Lalu bagaimana strategi yang dapat dijalankan oleh perusahaan untuk dapat meningkatkan nilai kompetisi melalui strategi efisiensi yang tepat.
(1) Mengoptimalkan SDM dalam Fleksibilitas Bisnis
Bisnis yang muncul saat ini dan dapat berkembang adalah bisnis yang fleksible. Penanganan atas pasar dan produk kerap kali berubah dan faktor eksternal pengganggu bisnis juga semakin tinggi. Perusahaan yang mampu bertahan adalah perusahaan yang memiliki fleksibilitas tinggi. Hal ini tentu harus dapat ditunjang oleh organisasi yang sangat fleksible yang mundah beradaptasi. Mempertimbangkan hal ini, ada baiknya perusahaan menetapan persyaratan kompetensi yang mengikuti konteks organisasi yang terbentuk. Melakukan analisis atas aspek jangka panjang yang terbentuk dalam struktur organisasi yang dimaksud. Kompetensi memasukkan kekuatan SDM untuk dapat fleksible dan mengembangkan bisnis secara lebih optimal.
(2) Mengembangkan Strategi Inovasi dalam Organisasi
Strategi inovasi membutuhkan suatu konsep change management yang terstruktur. Inovasi secara prinsip tidak hanya ide untuk berubah saja, namun juga suatu metode dan cara untuk melakukan perubahan yang terkait dengan inovasi yang dimaksud. Bagaimana konsep inovasi tersebut ditetapkan? Dalam perusahaan yang mengusung inovasi di dalam bisnis, segenap organisasi terbentuk proaktif dalam menghadapi perubahan. Setiap perubahan meskipun sekecil apapun akan diapresiasi dan dijalankan sesuai dengan kebutuhan strategi perusahaan. Budaya komunikasi positif inilah yang menjadi bagian penting dalam menjalankan inovasi dalam perusahaan.
(3) Perhitungan Investasi SDM (Sumber Daya Manusia)
Alokasi investasi/ biaya SDM di dalam perusahaan adalah salah satu hal dan strategi penting yang dapat dijalankan dalam perusahaan. Pengelolaan atas investasi dikembangkan dalam bentuk pengembangan SDM dan program apresiasi kinerja karyawan yang tepat. Tidak ada salahnya bagi perusahaan untuk menjaga karyawan yang berprestasi dan loyal dengan nilai investasi yang tinggi. Pengendalian investasi tetap perlu untuk dijalankan bersamaan dengan melakukan alokasi pengukuran atas nilai output yang dihasillkan oleh perusahaan.
Bagaimana perusahaan Anda mengembangkan program efisiensi yang tepat dalam pengelolaan SDM? Lakukan proses pencarian referensi eksternal yang tepa tdan memaksimalkan fungsi SDM di dalam perusahaan. (amarylliap@gmail.com, 08129369926)
Komentar
Posting Komentar