Langsung ke konten utama

Pengembangan Organisasi yang Efisien dalam Bisnis

 Saat ini, banyak perusahaan mengalami tantangan untuk dapat berjalan dengan efisien, ketidakpastian bisnis itu sendiri menjadi salah satu pemicu dari status mengapa perusahaa memerlukan pertimbangan matang dalam mengelola organisasinya.  Efisiensi itu sendiri harus dilihat bukan hanya menurunkan biaya saja namun lebih mempertimabangkan efisiensi janga panjang yang akan didapat dalam perusahaan.  Lalu bagaimana perusahaan menjalankan efisiensi yang tepat.

Berikut langkah yang dapat dilakukan oleh perusahaan, berikut ini adalah pengembangan organisasi yang dapat dilakukan untuk menjalankan efisiensi.

(1) Membentuk Business Process

Penyusunan business process adalah salah satu cara yang dapat dilakukan sebagai langkah awal untuk memetakan organisasi. Melakukan proses identifikasi terkait dengan penetapan proses yang dijalankan dalam perusahaan.  Menganalisis secara mendetail atas proses yang ada untuk dapat memastikan bahwa sistem yang ada telah dijalankan dengan maksimal adalah menjadi bagian penting bagaimana pemetaan bisnis dilakukan identifikasi atas sisi proses yang mana yang akan dilakukan efisiensi.

(2) Menyusun Kluster Pekerjaan

Mengidentifikasi setiap business process yang ada untuk kemudian mengelompokkan ke dalam fungsi pekerjaan yang ada dalam organisasi. Melakukan penetapan terkait dengan pekerjaan yang dimaksud untuk kemudian menjalankan pengembangan pekerjaan dari kluster fungsi tersebut. Pengelompokan ini diperhitungkan sesuai dengan rumpun pekerjaan dan stratifikasi penetapan tanggung jawab dari pekerjaan yang dimaksud.

(3) Mengembangkan Struktur Organisasi

Mengoptimalkan fungsi yang ada dalam struktur organisasi. Dimana struktur organisasi dipastikan berjalan sesuai dengan analisis awal dari business process dan penetapan cluster pekerjaan. Memastikan beban kerja seimbangkan dengan urutan jabatan agar jabatan yang dimaksud dapat lebih fokus berjalan.  Pengembangan struktur harus mempertimbangkan status budget dan pengelolaan bisnis yang dilakukan. Pemisahan antara core process and support process akan sangat mempengaruhi penetapan struktur organisasi dan fokus perusahaan terkait dengan pengembangannya.

Bagaimana perusahaan Anda mengembangkan struktur organisasi? Memastikan penggunaan referensi eksternal yang tepat dalam mengelolaan organisasi agar lebih efisien. (amarylliap@gmail.com, 08129369926)



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengembangan SDM dalam Manajemen Retail

Dalam mengembangkan manajemen retail pada perusahaan retail, adalah sangat penting untuk memastikan bahwa sumber daya manusia memiliki kompetensi (soft dan hard) yang memadai.  Ketika akan melakukan proses penyusunan program pelatihan, pastikan bahwa program pelatihan menyangkut materi yang menjelaskan unit kompetensi berikut: (1) Leadership skill Sangat dibutuhkan konsep yang kuat pada diri karyawan yang kuat yang mamapu untuk mengembangkan kompetensi pribadinya dan kemampuan untuk tidak berhenti dan secara terus-menerus mengubah dirinya menjadi hal yang positif. " Dalam industri retail, kekuatan untuk mengubah diri menjadi positif adalah hal penting yang untuk dapat menjadi lebih optimis, dapat mengundang pelanggan lebih banyak dan yang terpenting dapat memenangkan kompetisi dengan kompetitor."  Bagaimana pun juga aspek mutu yang terdepan adalah pelayanan, sehingga akan menjadi nilai positif apabila sumber daya manusia yang ada dalam industri ini memiliki kekuatan untuk mem

Langkah Taktis dalam Menyusun Sistem Remunerasi Terkait dengan Efisiensi

 Dalam sistem manajemen SDM (Sumber Daya Manusia), salah satu hal yang penting yang menjembatani hubungan antara perusahaan dan pegawai adalah sistem remunerasi.  Sistem remunerasi ini sendiri saat ini menemui tantangan yang nyata bagaimana perusahaan dapat menyeimbangkan antara budget biaya dengan pendapatan, untuk dapat mengembangkan sistem remunerasi yang tepat dan efektif.  Untuk dapat memastikan adanya keseimbangan antara produktifitas dan remunerasi, perusahaan menetapkan desain remunerasi yang efisien melalui tahapan-tahapan sebagai berikut. (1) Pengukuran Kekuatan Struktur Organisasi Perusahaan sebaiknya melakukan proses penilaian/ pengukuran terkait dengan kekuatan organisasi dalam menjalankan proses.  Lakukan identifikasi sampai sejauh mana kekuatan organisasi dapat mengakomodasi efisiensi.  Setiap strategi atas efisiensi harus diperhitungkan dengan tepat dan tanpa ada kesalahan faktor yang dapat beresiko terhadap bisnis perusahaan. (2) Mengidentifikasi Kehilangan Biaya Adala

Pengembangan Jalur Vertikal dan Horizontal

Bagaimana proses aplikasi dari pengembangan karir seseorang dijalankan dalam suatu jabatan yang sangat bersifat spesialistik. Proses pengembangan terhadap aplikasi karir itu sendiri dapat dilakukan dengan melakukan pengembangan secara vertikal dan horizontal. Penetapan pengembangan status aplikasi horizontal juga akan meliputi konsep pengembangan karir ke arah manajerial dengan menambah ruang lingkup spesialistik yang ada menjadi ruang lingkup pengembangan kompetensi yang lebih luas dalam memahami bidang lainnya. Lalu bagaimana proses konsep pengembangan karir secara vertikal dan horizontal tersebut dijalankan. (1) Jalur karir vertikal Dijalankan dengan meningkatkan fungsi spesialistik dari individu yang ada, kondisi peningkatan jalur vertikal ini hanya dapat muncul apabila konsep pengembangan dari posisi dalam organisasi adalah menduduki konsep strategi fungsional, dimana aspek pengembangan dari komponen organisasi yang dijalankan lebih mendalam ke dalam peningkatan skill indiv