Kegiatan analisis jabatan diperlukan untuk dijalankan dalam perusahaan. Adapun kegiatan analisis jabatan itu sendiri sangat bermanfaat untuk kebutuhan penetapan grade dari jabatan serta kelas jabatan sesuai dengan karakter pekerjaan yang dijalankan.
Namun tidak banyak perusahaan mampu untuk melakukan proses analisis jabatan. Berikut ini adalah tahapan yang dapat dilakukan oleh perusahaan dalam menjalankan proses analisis jabatan.
(1) Melakukan Kajian Atas Fungsi Jabatan
Melakukan evaluasi atas fungsi jabatan yang ada dalam organisasi. Kajian tersebut dievaluasi dalam struktur organisasi dan job description. Apabila perusahaan tersebut telah memiliki SOP fungsi jabatan dapat diidentifikasi dari SOP yang ada.
(2) Melakukan Proses Penjabaran Atas Detail Pekerjaan
Melakukan proses penjabaran atas pekerjaan yang dijalankan oleh jabatan yang dimaksud. Memastikan adanya pekerjaan yang spesifik yang ada.
(3) Melakukan Evaluasi Bobot Pekerjaan
Menetapkan proses evaluasi atas bobot pekerjaan yang ada. Memberikan penilaian atas informasi terhadap jabatan yang dimaksud.
(4) Mendapatkan Skor Jabatan
Menetapkan status penilaian atas skor jabatn yang ditetapkan tersebut. Skor inilah yang kemudian menjadi penilaian atas detail pekerjaan yang ada.
Bagaimana perusahaan Anda melakukan proses analisis jabatan? Lakukan proses pencarian referensi eksternal yang tepat terkait dengan proses analisis jabatan yang dilakukan. (amarylliap@gmail.com, 08129369926)
Komentar
Posting Komentar