Langsung ke konten utama

Mengukur Kemampuan Manajerial

Dalam perusahaan, aspek profesionalisme adalah faktor penting yang dapat membawa pertumbuhan usaha secara maksimal. Bagaimana perusahaan dapat memastikan bahwa pengelolaan terkait dengan status kemampuan manajerial dapat berjalan secara optimal.  Beberapa perusahaan menjalankan sentra pengembangan kepemimpinan namun beberapa perusahaan mengalami kesulitan terkait dengan bagaimana menjalankan program pengukuran tersebut secara efektif.

Untuk dapat mengoptimalkan proses pengembangan kemampuan manajerial perusahaan, ada baiknya perusahaan mendesain sistem yang tepat dan efektif dalam mengelola kemampuan manajerial individu karyawan.

(1) Menetapkan Orientasi Target
Bagaimana perusahaan menetapkan nilai target yang harus dicapai adalah penting sebagai pertimbangan bagaimana posisi manajerial dalam perusahaan Anda berjalan secara efektif.  Penetapan target yang ditetapkan tersebut tidak hanya terkait dengan target sebagai individu, namun juga termasuk di dalamnya adalah target kelompok dan perusahaan.

(2) Pengendalian Sistem Perusahaan
Posisi manajerial adalah posisi penting yang berfungsi untuk menjaga sistem di dalam perusahaan berjalan dengan tepat.  Pemantauan serta pengendalian yang terkait dengan bagaimana fungsi unit kerja dapat bekerja secara sistematis. Penyusunan laporan serta bagaimana perusahaan mencapai status kepatuhan yang dipersyaratkan.

(3) Pengelolaan Kepemimpinan
Proses bagaimana strategi atas kepemimpinan tersebut dijalankan dengan tepat dalam mengembangkan konsep kepemimpinan dapat terdefinisikan samapai ke seluruh unit proses. Memastikan alur instruksi terkendali dan terkelola dengan tepat dan efektif.

Bagaimana perusahaan dapat memastikan sistem manajerial dijalankan secara tepat dan efektif dalam perusahaan? Lakukan proses pencarian referensi eksternal yang tepat untuk dapat memastikan bahwa status kemampuan manajerial perusahaan Anda dapat secara optimal berfungsi. (amarylliap@gmail.com, 08129369926)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengembangan SDM dalam Manajemen Retail

Dalam mengembangkan manajemen retail pada perusahaan retail, adalah sangat penting untuk memastikan bahwa sumber daya manusia memiliki kompetensi (soft dan hard) yang memadai.  Ketika akan melakukan proses penyusunan program pelatihan, pastikan bahwa program pelatihan menyangkut materi yang menjelaskan unit kompetensi berikut: (1) Leadership skill Sangat dibutuhkan konsep yang kuat pada diri karyawan yang kuat yang mamapu untuk mengembangkan kompetensi pribadinya dan kemampuan untuk tidak berhenti dan secara terus-menerus mengubah dirinya menjadi hal yang positif. " Dalam industri retail, kekuatan untuk mengubah diri menjadi positif adalah hal penting yang untuk dapat menjadi lebih optimis, dapat mengundang pelanggan lebih banyak dan yang terpenting dapat memenangkan kompetisi dengan kompetitor."  Bagaimana pun juga aspek mutu yang terdepan adalah pelayanan, sehingga akan menjadi nilai positif apabila sumber daya manusia yang ada dalam industri ini memiliki kekuatan untuk mem

Langkah Taktis dalam Menyusun Sistem Remunerasi Terkait dengan Efisiensi

 Dalam sistem manajemen SDM (Sumber Daya Manusia), salah satu hal yang penting yang menjembatani hubungan antara perusahaan dan pegawai adalah sistem remunerasi.  Sistem remunerasi ini sendiri saat ini menemui tantangan yang nyata bagaimana perusahaan dapat menyeimbangkan antara budget biaya dengan pendapatan, untuk dapat mengembangkan sistem remunerasi yang tepat dan efektif.  Untuk dapat memastikan adanya keseimbangan antara produktifitas dan remunerasi, perusahaan menetapkan desain remunerasi yang efisien melalui tahapan-tahapan sebagai berikut. (1) Pengukuran Kekuatan Struktur Organisasi Perusahaan sebaiknya melakukan proses penilaian/ pengukuran terkait dengan kekuatan organisasi dalam menjalankan proses.  Lakukan identifikasi sampai sejauh mana kekuatan organisasi dapat mengakomodasi efisiensi.  Setiap strategi atas efisiensi harus diperhitungkan dengan tepat dan tanpa ada kesalahan faktor yang dapat beresiko terhadap bisnis perusahaan. (2) Mengidentifikasi Kehilangan Biaya Adala

Pengembangan Jalur Vertikal dan Horizontal

Bagaimana proses aplikasi dari pengembangan karir seseorang dijalankan dalam suatu jabatan yang sangat bersifat spesialistik. Proses pengembangan terhadap aplikasi karir itu sendiri dapat dilakukan dengan melakukan pengembangan secara vertikal dan horizontal. Penetapan pengembangan status aplikasi horizontal juga akan meliputi konsep pengembangan karir ke arah manajerial dengan menambah ruang lingkup spesialistik yang ada menjadi ruang lingkup pengembangan kompetensi yang lebih luas dalam memahami bidang lainnya. Lalu bagaimana proses konsep pengembangan karir secara vertikal dan horizontal tersebut dijalankan. (1) Jalur karir vertikal Dijalankan dengan meningkatkan fungsi spesialistik dari individu yang ada, kondisi peningkatan jalur vertikal ini hanya dapat muncul apabila konsep pengembangan dari posisi dalam organisasi adalah menduduki konsep strategi fungsional, dimana aspek pengembangan dari komponen organisasi yang dijalankan lebih mendalam ke dalam peningkatan skill indiv