Langsung ke konten utama

Mengukur Life Cycle Karyawan

Bagi perusahaan, adalah penting untuk melakukan proses pengukuran lifecycle. Proses pengukuran lifecycle terkait dengan tenaga kerja (SDM) adalah bagian penting untuk mengoptimalkan strategi lifecycle yang dijalankan dalam perusahaan.  Untuk lebih mengefektifkan konsep dan strategi lifecycle berikut adalah mekanisme pengukuran lifecycle yang tepat bagi tenaga kerja.

(1) Mengukur Produktifitas Tenaga Kerja
Melakukan proses pengukuran atas kinerja karyawan yang menjadi bagian penting dalam proses pengukuran output produktifitas tenaga kerja. Proses penilaian atas status produktifitas tersebut adalah penting untuk dijadikan acuan dengan target yang diharapkan dengan status produktifitas.

(2) Mengukur Waktu Kerja
Melakukan proses pengukuran terkait dengan waktu kerja yang dipersyaratkan atas produktifitas yang ditetapkan terkait dengan periode waktu kerja. Bagaimana program produktifitas serta waktu kerja yang ditetapkan tersebut.  Dimana perusahaan melakukan proses identifikasi terkait dengan fase-fase yang ditetapkan terkait dengan proses kerja tersebut.

(3) Mengukur batas setiap fase
Ada baiknya perusahaan melakukan proses pengukuran atas setiap fase yang ditetapkan oleh perusahaan. Termasuk di dalamnya memastikan bahwa fase lifecycle tersebut terkelola secara maksimal.

Bagaimana dengan proses pengukuran lifecycle yang dijalankan oleh perusahaan? Lakukan proses pemeriksaan referensi eksternal secara tepat untuk memastikan bahwa lifecycle dapat dijalankan secara efektif . (amarylliap@gmail.com, 08129369926)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengembangan SDM dalam Manajemen Retail

Dalam mengembangkan manajemen retail pada perusahaan retail, adalah sangat penting untuk memastikan bahwa sumber daya manusia memiliki kompetensi (soft dan hard) yang memadai.  Ketika akan melakukan proses penyusunan program pelatihan, pastikan bahwa program pelatihan menyangkut materi yang menjelaskan unit kompetensi berikut: (1) Leadership skill Sangat dibutuhkan konsep yang kuat pada diri karyawan yang kuat yang mamapu untuk mengembangkan kompetensi pribadinya dan kemampuan untuk tidak berhenti dan secara terus-menerus mengubah dirinya menjadi hal yang positif. " Dalam industri retail, kekuatan untuk mengubah diri menjadi positif adalah hal penting yang untuk dapat menjadi lebih optimis, dapat mengundang pelanggan lebih banyak dan yang terpenting dapat memenangkan kompetisi dengan kompetitor."  Bagaimana pun juga aspek mutu yang terdepan adalah pelayanan, sehingga akan menjadi nilai positif apabila sumber daya manusia yang ada dalam industri ini memiliki kekuatan untuk mem...

Pengembangan Jalur Vertikal dan Horizontal

Bagaimana proses aplikasi dari pengembangan karir seseorang dijalankan dalam suatu jabatan yang sangat bersifat spesialistik. Proses pengembangan terhadap aplikasi karir itu sendiri dapat dilakukan dengan melakukan pengembangan secara vertikal dan horizontal. Penetapan pengembangan status aplikasi horizontal juga akan meliputi konsep pengembangan karir ke arah manajerial dengan menambah ruang lingkup spesialistik yang ada menjadi ruang lingkup pengembangan kompetensi yang lebih luas dalam memahami bidang lainnya. Lalu bagaimana proses konsep pengembangan karir secara vertikal dan horizontal tersebut dijalankan. (1) Jalur karir vertikal Dijalankan dengan meningkatkan fungsi spesialistik dari individu yang ada, kondisi peningkatan jalur vertikal ini hanya dapat muncul apabila konsep pengembangan dari posisi dalam organisasi adalah menduduki konsep strategi fungsional, dimana aspek pengembangan dari komponen organisasi yang dijalankan lebih mendalam ke dalam peningkatan skill indiv...

Resizing Organisasi melalui Restrukturisasi

Banyak perusahaan mengalami tantangan baru terkait dengan adanya peningkatan biaya operasional dan adanya penurunan daya beli dari masyarakat.  Untuk menjamin kelangsungan usahanya, perusahaan melakukan banyak strategi yang dapat dipastikan salah satunya adalah dengan mengoptimalkan kapasitas organisasi.  Salah satu cara yang tepat untuk dijalankan adalah dengan melakukan proses restrukturisasi organisasi. Proses restrukturisasi dapat dijalankan dengan melakukan tahapan proses sebagai berikut: (1) Melakukan proses Business Process Reengineering Ada pentingnya bagi perusahaan untuk menjalankan perubahan strategis terkait dengan business process yang saat ini sedang dijalankan.  Lakukan proses evaluasi untuk dapat memastikan bahwa business process yang dimaksud dapat dilakukan proses perbaikan untuk dapat mengefektifkan proses kerja dan memastikan adanya optimalisasi dari fungsi sumber daya manusia. (2) Melakukan proses Analisis Jabatan Penetapan analisis jabatan dalam orga...