Ketika berkutat dengan prinsip efisiensi, salah satu tantangan terbesar pada perusahaan adalah program menjalankan konsep pengelolaan SDM secara tepat dan efektif dalam manajemen operasional. Pengelolaan SDM dalam perusahaan sendiri dari yang sebelumnya lebih bersifat "pelengkap" dan administratif belaka, belakangan telah menempati posisi sebagai suatu sentra strategis.
Alasan utama dari perusahaan untuk menjalankan prinsip HR Strategic adalah untuk meminimalkan aspek ketidaksesuaian yang muncul dari aspek SDM ketika mengimplementasikan kebijakan perusahaan. Lalu bagaimana cara yang paling tepat dalam perusahaan untuk menjalankan HR Strategic tersebut?
(1) Langkah Pertama: Kajian Arah Perusahaan
Sebelum mengimplementasikan prinsip HR Strategic, perusahaan harus terlebih dahulu melakukan proses kajian terkait dengan arahan strategis yang ingin dicapai oleh perusahaan. Beberapa prinsip dan pendekatan dapat dijalankan oleh perusahaan untuk dapat memastikan bahwa arahan strategis dapat diterjemahkan menjadi kebijakan strategis di bidang SDM.
(2) Langkah Kedua: Menyusun Program SDM
Setelah mendapatkan arahan terkait dengan kebijakan strategis yang ditetapkan oleh perusahaan, penyusunan program SDM dijalankan untuk dapat memastikan bahwa SDM dalam perusahaan telah dapat mengakomodasi seluruh kebijakan strategis tersebut. Program SDM sebaiknya dipastikan terdeskripsi dengan jelas termasuk tujuan dari penyusunan program serta arahan dan target terukur. Dalam mengidentifikasi program, perusahaan juga harus memastikan kebutuhan-kebutuhan agar realisasi dari program tersebut tercapai.
(3) Langkah Ketiga: Penyusunan HR Scorecard
Setelah seluruh program tersusun, lakukan penyusunan program HR Scorecard. Dimana HR Scorecard tersebut menjadi suatu indikator terukur atas nilai kesuksesan dari arahan serta kebijakan SDM. Penetapan HR Scorecard dapat membantu perusahaan dalam ukuran evaluasi jangka pendek untuk memastikan bahwa kebijakan SDM dapat terealisasi secara maksimal.
(4) Langkah Keempat: Pengembangan HR Dashboard
Menemui kesulitan dalam melakukan analisis seluruh data? HR Dashboard menjadi bagian penting bagi unit SDM untuk langsung mendapatkan resume dari seluruh pengukuran yang dijalankan baik itu atas program SDM sendiri maupun program SDM yang menjadi bagian kombinasi dari program perusahaan.
Bagaimana perusahaan Anda menjalankan program HR Strategic? Lakukan proses pencarian referensi eksternal yang tepat untuk memastikan konsep dan implementasi program HR Strategic. (amarylliap@gmail.com, 08129369926)
Alasan utama dari perusahaan untuk menjalankan prinsip HR Strategic adalah untuk meminimalkan aspek ketidaksesuaian yang muncul dari aspek SDM ketika mengimplementasikan kebijakan perusahaan. Lalu bagaimana cara yang paling tepat dalam perusahaan untuk menjalankan HR Strategic tersebut?
(1) Langkah Pertama: Kajian Arah Perusahaan
Sebelum mengimplementasikan prinsip HR Strategic, perusahaan harus terlebih dahulu melakukan proses kajian terkait dengan arahan strategis yang ingin dicapai oleh perusahaan. Beberapa prinsip dan pendekatan dapat dijalankan oleh perusahaan untuk dapat memastikan bahwa arahan strategis dapat diterjemahkan menjadi kebijakan strategis di bidang SDM.
(2) Langkah Kedua: Menyusun Program SDM
Setelah mendapatkan arahan terkait dengan kebijakan strategis yang ditetapkan oleh perusahaan, penyusunan program SDM dijalankan untuk dapat memastikan bahwa SDM dalam perusahaan telah dapat mengakomodasi seluruh kebijakan strategis tersebut. Program SDM sebaiknya dipastikan terdeskripsi dengan jelas termasuk tujuan dari penyusunan program serta arahan dan target terukur. Dalam mengidentifikasi program, perusahaan juga harus memastikan kebutuhan-kebutuhan agar realisasi dari program tersebut tercapai.
(3) Langkah Ketiga: Penyusunan HR Scorecard
Setelah seluruh program tersusun, lakukan penyusunan program HR Scorecard. Dimana HR Scorecard tersebut menjadi suatu indikator terukur atas nilai kesuksesan dari arahan serta kebijakan SDM. Penetapan HR Scorecard dapat membantu perusahaan dalam ukuran evaluasi jangka pendek untuk memastikan bahwa kebijakan SDM dapat terealisasi secara maksimal.
(4) Langkah Keempat: Pengembangan HR Dashboard
Menemui kesulitan dalam melakukan analisis seluruh data? HR Dashboard menjadi bagian penting bagi unit SDM untuk langsung mendapatkan resume dari seluruh pengukuran yang dijalankan baik itu atas program SDM sendiri maupun program SDM yang menjadi bagian kombinasi dari program perusahaan.
Bagaimana perusahaan Anda menjalankan program HR Strategic? Lakukan proses pencarian referensi eksternal yang tepat untuk memastikan konsep dan implementasi program HR Strategic. (amarylliap@gmail.com, 08129369926)
Komentar
Posting Komentar