Langsung ke konten utama

Membentuk Karakter Karyawan dalam Perusahaan

Dalam dunia persaingan usaha yang ketat saat ini, komponen SDM (Sumber Daya Manusia) dapat menjadi penunjang utama untuk dapat membantu dan menjalankan percepatan dalam peningkatan bisnis.
 Lalu bagaimana proses pembentukan karakter yang tepat dalam perusahaan dapat dijalankan?

Langkah Pertama, Mengidentifikasi Karakter Utama Perusahaan
Penetapan nilai-nilai perusahaan harus kemudian dilakukan penetapan penjelasan terkait dengan karakter yang jelas terkait. Pendefinisian butir-butir prilaku tersebut harus dipastikan lengkap untuk menjelaskan karakter individu yang diharapkan memenuhi penjelasan karakter yang dimaksudkan tersebut.

Langkah Kedua,Memastikan Penerapan
Perusahaan menjalankan proses sosialisasi dan training untuk memastikan bahwa proses penerapan dijalankan. Program awareness serta training dapat dijalankan untuk memastikan bahwa penerapan atas prinsip-prinsip karakter yang ditetapkan dijalankan. Ada baiknya perusahaan memberikan porsi yang besar atas kualifikasi karakter terhadap pengelolaan karir dan rekruitmen.

Langkah Ketiga, Program Reward & Punishment
Ketegasan perusahaan terkait dengan implementasi atas karakter.  Bagaimana proses penerapan dijalankan sesuai. Apabila terdapat pelanggaran maka dilakukan proses pemberian sangsi atas pelanggaran tersebut. Namun apabila sesuai, maka diperhitungkan dalam pengembangan karir.

Bagaimana dengan pengembangan karakter dalam perusahaan Anda? Lakukan proses pencarian referensi eksternal terkait dengan program pengembangan karakter dalam perusahaan Anda. (amarylliap@gmail.com, 08129369926)

Komentar


  1. Thanks infonya menarik bgt. Oiya, saya nemuin artikel keren nih yang ngebahas tentang sederet kesalahan terkait uang yang biasa dilakukan oleh para pegawai baru. Cek di sini ya: Hati-hati, ini 5 kesalahan finansial yang biasa dilakukan karyawan baru

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengembangan SDM dalam Manajemen Retail

Dalam mengembangkan manajemen retail pada perusahaan retail, adalah sangat penting untuk memastikan bahwa sumber daya manusia memiliki kompetensi (soft dan hard) yang memadai.  Ketika akan melakukan proses penyusunan program pelatihan, pastikan bahwa program pelatihan menyangkut materi yang menjelaskan unit kompetensi berikut: (1) Leadership skill Sangat dibutuhkan konsep yang kuat pada diri karyawan yang kuat yang mamapu untuk mengembangkan kompetensi pribadinya dan kemampuan untuk tidak berhenti dan secara terus-menerus mengubah dirinya menjadi hal yang positif. " Dalam industri retail, kekuatan untuk mengubah diri menjadi positif adalah hal penting yang untuk dapat menjadi lebih optimis, dapat mengundang pelanggan lebih banyak dan yang terpenting dapat memenangkan kompetisi dengan kompetitor."  Bagaimana pun juga aspek mutu yang terdepan adalah pelayanan, sehingga akan menjadi nilai positif apabila sumber daya manusia yang ada dalam industri ini memiliki kekuatan untuk mem...

Pengembangan Jalur Vertikal dan Horizontal

Bagaimana proses aplikasi dari pengembangan karir seseorang dijalankan dalam suatu jabatan yang sangat bersifat spesialistik. Proses pengembangan terhadap aplikasi karir itu sendiri dapat dilakukan dengan melakukan pengembangan secara vertikal dan horizontal. Penetapan pengembangan status aplikasi horizontal juga akan meliputi konsep pengembangan karir ke arah manajerial dengan menambah ruang lingkup spesialistik yang ada menjadi ruang lingkup pengembangan kompetensi yang lebih luas dalam memahami bidang lainnya. Lalu bagaimana proses konsep pengembangan karir secara vertikal dan horizontal tersebut dijalankan. (1) Jalur karir vertikal Dijalankan dengan meningkatkan fungsi spesialistik dari individu yang ada, kondisi peningkatan jalur vertikal ini hanya dapat muncul apabila konsep pengembangan dari posisi dalam organisasi adalah menduduki konsep strategi fungsional, dimana aspek pengembangan dari komponen organisasi yang dijalankan lebih mendalam ke dalam peningkatan skill indiv...

Resizing Organisasi melalui Restrukturisasi

Banyak perusahaan mengalami tantangan baru terkait dengan adanya peningkatan biaya operasional dan adanya penurunan daya beli dari masyarakat.  Untuk menjamin kelangsungan usahanya, perusahaan melakukan banyak strategi yang dapat dipastikan salah satunya adalah dengan mengoptimalkan kapasitas organisasi.  Salah satu cara yang tepat untuk dijalankan adalah dengan melakukan proses restrukturisasi organisasi. Proses restrukturisasi dapat dijalankan dengan melakukan tahapan proses sebagai berikut: (1) Melakukan proses Business Process Reengineering Ada pentingnya bagi perusahaan untuk menjalankan perubahan strategis terkait dengan business process yang saat ini sedang dijalankan.  Lakukan proses evaluasi untuk dapat memastikan bahwa business process yang dimaksud dapat dilakukan proses perbaikan untuk dapat mengefektifkan proses kerja dan memastikan adanya optimalisasi dari fungsi sumber daya manusia. (2) Melakukan proses Analisis Jabatan Penetapan analisis jabatan dalam orga...