Langsung ke konten utama

Pelatihan Penyusunan Peraturan Perusahaan

Banyak perusahaan mengalami kesulitan dalam membuat/ menyusun peraturan perusahaan. Beberapa hal lebih banyak disebabkan karena praktisi HR yang ada dalam perusahaan tersebut tidak memahami secara tepat informasi dari kegiatan pelatihan tersebut. Ada baiknya praktisi yang melakukan proses penyusunan Peraturan Perusahaan menjalankan terlebih dahulu pelatihan untuk proses penyusunan peraturan perusahaan ini sebelum kegiatan penyusunan tersebut dibuat.

Pelatihan penyusunan peraturan perusahaan bertujuan untuk memberikan pengetahuan terkait dengan kebijakan maupun aspek atas tata tertib/  kedisiplinan karyawan. Bagaimana memastikan bahwa peratura perusahaan dapat mengakomodasi kepentingan perusahaan dan kepentingan karyawan.

Pelatihan penyusunan peraturan perusahaan dilakukan selama 1 (satu) hari terkait dengan program peraturan perusahaan.  Adapun program pelatihan tersebut dijalankan sebagai berikut.


(1) Memahami persyaratan dan peraturan ketenagakerjaan
(2) Memahami hak dan tanggung jawab perusahaan dan karyawan dan perusahaan
(3) Memahami status karyawan dalam undang-undang ketenagekerjaan
(4) Teknik menyusun peraturan perusahaan

Bagaimana penyusunan konsep peraturan perusahaan dijalankan? Adalah sangat tepat menyusun peraturan perusahaan yang efektif dan strategis. Memastikan referensi eksternal yang tepat adalah langkah strategis manajemen Sumber Daya Manusia. (amarylliap@gmail.com, 08129369926)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengembangan SDM dalam Manajemen Retail

Dalam mengembangkan manajemen retail pada perusahaan retail, adalah sangat penting untuk memastikan bahwa sumber daya manusia memiliki kompetensi (soft dan hard) yang memadai.  Ketika akan melakukan proses penyusunan program pelatihan, pastikan bahwa program pelatihan menyangkut materi yang menjelaskan unit kompetensi berikut: (1) Leadership skill Sangat dibutuhkan konsep yang kuat pada diri karyawan yang kuat yang mamapu untuk mengembangkan kompetensi pribadinya dan kemampuan untuk tidak berhenti dan secara terus-menerus mengubah dirinya menjadi hal yang positif. " Dalam industri retail, kekuatan untuk mengubah diri menjadi positif adalah hal penting yang untuk dapat menjadi lebih optimis, dapat mengundang pelanggan lebih banyak dan yang terpenting dapat memenangkan kompetisi dengan kompetitor."  Bagaimana pun juga aspek mutu yang terdepan adalah pelayanan, sehingga akan menjadi nilai positif apabila sumber daya manusia yang ada dalam industri ini memiliki kekuatan untuk mem...

Pengembangan Jalur Vertikal dan Horizontal

Bagaimana proses aplikasi dari pengembangan karir seseorang dijalankan dalam suatu jabatan yang sangat bersifat spesialistik. Proses pengembangan terhadap aplikasi karir itu sendiri dapat dilakukan dengan melakukan pengembangan secara vertikal dan horizontal. Penetapan pengembangan status aplikasi horizontal juga akan meliputi konsep pengembangan karir ke arah manajerial dengan menambah ruang lingkup spesialistik yang ada menjadi ruang lingkup pengembangan kompetensi yang lebih luas dalam memahami bidang lainnya. Lalu bagaimana proses konsep pengembangan karir secara vertikal dan horizontal tersebut dijalankan. (1) Jalur karir vertikal Dijalankan dengan meningkatkan fungsi spesialistik dari individu yang ada, kondisi peningkatan jalur vertikal ini hanya dapat muncul apabila konsep pengembangan dari posisi dalam organisasi adalah menduduki konsep strategi fungsional, dimana aspek pengembangan dari komponen organisasi yang dijalankan lebih mendalam ke dalam peningkatan skill indiv...

Resizing Organisasi melalui Restrukturisasi

Banyak perusahaan mengalami tantangan baru terkait dengan adanya peningkatan biaya operasional dan adanya penurunan daya beli dari masyarakat.  Untuk menjamin kelangsungan usahanya, perusahaan melakukan banyak strategi yang dapat dipastikan salah satunya adalah dengan mengoptimalkan kapasitas organisasi.  Salah satu cara yang tepat untuk dijalankan adalah dengan melakukan proses restrukturisasi organisasi. Proses restrukturisasi dapat dijalankan dengan melakukan tahapan proses sebagai berikut: (1) Melakukan proses Business Process Reengineering Ada pentingnya bagi perusahaan untuk menjalankan perubahan strategis terkait dengan business process yang saat ini sedang dijalankan.  Lakukan proses evaluasi untuk dapat memastikan bahwa business process yang dimaksud dapat dilakukan proses perbaikan untuk dapat mengefektifkan proses kerja dan memastikan adanya optimalisasi dari fungsi sumber daya manusia. (2) Melakukan proses Analisis Jabatan Penetapan analisis jabatan dalam orga...