Langsung ke konten utama

Menjadi Seorang HR yang Ideal


Banyak informasi yang menarik mengenai bagaimana seseorang dapat menjadi individu HR yang tepat. Namun kadangkala hal ini bisa menjadi suatu bentuk resiko yang besar, bagaimana posisi yang Anda tempati tersebut memiliki banyak peluang ancaman karir baik dari manajemen perusahaan maupun dari pihak karyawan sendiri. Tidak ada suatu ilmu pasti yang dapat membantu Anda dalam menjalankan sistem tersebut, namun kunci yang paling utama adalah sistem.
Tidak dapat dipungkiri, sistem dapat sangat memudahkan kinerja dari seorang HR. Beberapa manfaat yang dapa Anda peroleh dari sistem adalah (1) Komitmen yang tertulis, sistem memungkinkan adanya suatu bentuk komitmen tertulis yang dipastikan untuk menjaga agar organisasi terjaga dalam suatu bentuk kesepakatan yang kuat. (2) Detail terhadap penjelasan ruang lingkup, dimana di dalamnya dijelaskan suatu bentuk kesepakatan terhadap keterkaitan fungsi dan tanggung jawab yang ditetapkan untuk proses pengembangan terhadap sistem manajemen sdm itu sendiri (3) peraturan yang jelas, hal ini dilakukan untuk mengupayakan adanya suatu konsistensi terkait dengan pengelolaan sumber daya manusia, sampai dengan lini operasional yang terendah, dimana manajemen mikro berjalan langsung untuk melakukan suatu tindakan eksekusi.
Konsep HR yang ideal adalah melakukan peranan dua sisi yang baik dan tepat pada dua aspek yang ada dalam perusahaan yaitu mewakili manajemen perusahaan yang dimaksudkan itu sendiri dan mewakili karyawan sebagai penggerak roda perusahaan. Konsep rasional harus ditetapkan sebagai bagian penting untuk melihat setiap masalah dari sisi yang tepat bagi kedua pihak, kemampuan pemahaman legal menjadi suatu porsi penting selain kemampuan komunikasi interpersonal yang ada dalam perusahaan. Salah satu bagian pengembangan yang tepat dalam perusahaan adalah menetapkan suatu peraturan yang menjadi dasar yang kuat hubungan antara perusahaan dengan karyawan yang ada dalam perusahaan tersebut.
Kembangkan kompetensi Anda sebagai HR dalam bentuk pemahaman terhadap fungsi HR, seperti mencari referensi dalam bentuk buku pengembangan kompetensi dan manajemen organisasi, menggunakan jasa konsultan di bidang sumber daya manusia juga dapat menjadi suatu bentuk langkah penting untuk pengembangan kompetensi HR dalam perusahaan. Lakukan proses ini berbarengan dengan pelatihan yang tepat. (amarylliap@yahoo.com, 08129369926)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengembangan SDM dalam Manajemen Retail

Dalam mengembangkan manajemen retail pada perusahaan retail, adalah sangat penting untuk memastikan bahwa sumber daya manusia memiliki kompetensi (soft dan hard) yang memadai.  Ketika akan melakukan proses penyusunan program pelatihan, pastikan bahwa program pelatihan menyangkut materi yang menjelaskan unit kompetensi berikut: (1) Leadership skill Sangat dibutuhkan konsep yang kuat pada diri karyawan yang kuat yang mamapu untuk mengembangkan kompetensi pribadinya dan kemampuan untuk tidak berhenti dan secara terus-menerus mengubah dirinya menjadi hal yang positif. " Dalam industri retail, kekuatan untuk mengubah diri menjadi positif adalah hal penting yang untuk dapat menjadi lebih optimis, dapat mengundang pelanggan lebih banyak dan yang terpenting dapat memenangkan kompetisi dengan kompetitor."  Bagaimana pun juga aspek mutu yang terdepan adalah pelayanan, sehingga akan menjadi nilai positif apabila sumber daya manusia yang ada dalam industri ini memiliki kekuatan untuk mem

Langkah Taktis dalam Menyusun Sistem Remunerasi Terkait dengan Efisiensi

 Dalam sistem manajemen SDM (Sumber Daya Manusia), salah satu hal yang penting yang menjembatani hubungan antara perusahaan dan pegawai adalah sistem remunerasi.  Sistem remunerasi ini sendiri saat ini menemui tantangan yang nyata bagaimana perusahaan dapat menyeimbangkan antara budget biaya dengan pendapatan, untuk dapat mengembangkan sistem remunerasi yang tepat dan efektif.  Untuk dapat memastikan adanya keseimbangan antara produktifitas dan remunerasi, perusahaan menetapkan desain remunerasi yang efisien melalui tahapan-tahapan sebagai berikut. (1) Pengukuran Kekuatan Struktur Organisasi Perusahaan sebaiknya melakukan proses penilaian/ pengukuran terkait dengan kekuatan organisasi dalam menjalankan proses.  Lakukan identifikasi sampai sejauh mana kekuatan organisasi dapat mengakomodasi efisiensi.  Setiap strategi atas efisiensi harus diperhitungkan dengan tepat dan tanpa ada kesalahan faktor yang dapat beresiko terhadap bisnis perusahaan. (2) Mengidentifikasi Kehilangan Biaya Adala

Pengembangan Jalur Vertikal dan Horizontal

Bagaimana proses aplikasi dari pengembangan karir seseorang dijalankan dalam suatu jabatan yang sangat bersifat spesialistik. Proses pengembangan terhadap aplikasi karir itu sendiri dapat dilakukan dengan melakukan pengembangan secara vertikal dan horizontal. Penetapan pengembangan status aplikasi horizontal juga akan meliputi konsep pengembangan karir ke arah manajerial dengan menambah ruang lingkup spesialistik yang ada menjadi ruang lingkup pengembangan kompetensi yang lebih luas dalam memahami bidang lainnya. Lalu bagaimana proses konsep pengembangan karir secara vertikal dan horizontal tersebut dijalankan. (1) Jalur karir vertikal Dijalankan dengan meningkatkan fungsi spesialistik dari individu yang ada, kondisi peningkatan jalur vertikal ini hanya dapat muncul apabila konsep pengembangan dari posisi dalam organisasi adalah menduduki konsep strategi fungsional, dimana aspek pengembangan dari komponen organisasi yang dijalankan lebih mendalam ke dalam peningkatan skill indiv