Langsung ke konten utama

Postingan

5 Hal yang Harus Diperhatikan Perusahaan dalam Menjalankan Program Efisiensi

Saat ini, banyak perusahaan tengah berhadapan dengan kondisi yang sulit sekaligus menantang dalam menjalankan perusahaan. Salah satu strategi penting yang dapat dilakukan perusahaan adalah dengan menjalankan program efisiensi dalam perusahaan. Ada baiknya ketika menjalankan program efisiensi, perusahaan melihat unit kerja Sumber Daya Manusia dalam menjalankan program yang dimaksud. Untuk dapat mengefektifkan program efisiensi, berikut ini adalah 5 (lima) hal yang perlu diperhatikan untuk menjalankan program efisiensi. (1) Kejelasan Program Program efisiensi yang ditetapkan secara nyata bukan hanya terbatas kepada program umum perusahaan saja.  Program ini harus disusun secara implementatif pada setiap departemen ataupun bagian dalam perusahaan. (2) Penetapan Tanggung Jawab dalam Pelaksanaan Program Melakukan proses penetapan terkait dengan tanggung jawab yang berkaitan dengan program efisiensi yang ditetapkan oleh perusahaan.  Penetapan tanggung jawab yang diberikan ol...

Tahapan Menyederhanakan Struktur Organisasi

Struktur Organisasi dalam perusahaan ibarat suatu senjata ampuh dalam menggerakan perusahaan. Namun tidak sedikit perusahaan mengalami permasalahan yang terkait dengan struktur organisasi stikanyang tidak tepat. Ketidaktepatan tersebut dapat menyebabkan adanya konflik dalam organisasi yang menyulitkan organisasi dalam mencapai tujuan yang diharapkan dalam perusahaan. Bagaimana proses penyederhanaan struktur organisasi itu dijalankan? Berikut ini adalah tahapan yang dapat dilakukan oleh perusahaan untuk menjalankan penyederhanaan struktur organisasi. (1) Menganalisis Core Business Perusahaan Mengidentifikasi proses utama dari perusahaan, termasuk di dalamnya memahami fungsi-fungsi yang bertanggung jawab dalam kegiatan core business tersebut. (2) Mendeskripsikan Fungsional dan Struktural Melakukan proses penjabaran terkait dengan status fungsional dan struktural dalam peta proses yang terbentuk. Melakukan analisis dengan beberapa metode khusus untuk mendetailkan aspek fungsional ...

Manfaat Menyusun Analisis Jabatan

Banyak perusahaan yang belum melakukan proses penyusunan analisis jabatan. Hal ini bisa saja belum dijalankan akibat perusahaan belum memahami manfaat dari proses penyusunan analisis jabatan itu sendiri. Untuk itu, alangkah baiknya perusahaan memahami manfaat dalam menjalankan proses penyusunan analisis jabatan. Berikut ini adalah manfaat yang dapat dijalankan oleh perusahaan dalam menjalankan kegiatan analisis jabatan. (1) Menganalisis Beban Kerja Salah satu manfaat yang muncul dari proses analisis jabatan adalah terevaluasinya beban kerja dari suatu jabatan. Bagaimana beban kerja dari suatu jabatan terinformasi secara hirarkis dalam perusahaan, memahami resiko yang ada serta kompetensi yang ditetapkan dalam proses analisis jabatan. (2) Menyusun Grade Jabatan Manfaat yang dijalankan dalam analisis jabatan adalah penetapan grade jabatan yang ditetapkan dalam organisasi. Menetapkan skala kuantifikasi dari uraian jabatan menjadi nilai nominal grade pekerjaan. (3) Menjalankan Pr...

Bagaimana Mendeteksi Kelayakan Struktur Organisasi?

Banyak perusahaan telah memiliki struktur organisasi. Namun tidak banyak yang memiliki struktur organisasi yang tepat. Serta tidak sedikit perusahaan memiliki struktur organisasi yang tepat. Lalu bagaimana cara perusahaan untuk melakuan proses pendeteksian struktur organisasi. Berikut ini adalah tahapan yang dapat perusahaan jalankan untuk mengevaluasi kelayakan dari Struktur Organisasi. (1) Menganalisis Klasifikasi Struktural Struktur Organisasi yang tepat adalah memiliki stratifikasi strukturual yang sistematis. Setiap stratifikasi menjelaskan suatu ruang lingkup proses yang efektif. Adanya struktur organisasi yang sentralistis, menunjukkan organisasi belum secara efektif mengembangkan strata terkait dengan leval menengah yang ada dalam organisasi. (2) Terjaganya Independensi Organisasi Memastikan bahwa organisasi memiliki independensi yang kuat, dimana fungsi dari setiap organisasi dapat secara efektif berjalan sesuai dengan persyaratan yang ditetapkan dalam sistem. (3) Te...

Menyusun Sistem Pengupahan yang Tepat dalam Bisnis Retail

Pengelolaan retail adalah pengelolaan usaha yang mendayagunakan sumber daya manusia dengan jumlah yang banyak.  Bisnis ini tidak sedikit yang telah memiliki asset dengan nilai yang tinggi, namun mmiliki ketergantungan yang besar dengan sumber daya manusia (SDM). Pengelolaan terkait dengan sistem pengupahan terkait dengan bisnis retail harus dilakukan dengan efektif dan berhati-hati.  Berikut ini terdapat strategi yang tepat untuk melakukan sistem pengupahan dalam manajemen bisnis retail. (1) Melakukan Analisis Output Produktifitas Sales Mengidentifikasi produktifitas output dengan tepat. Menyusun dengan tepat desain terkait dengan business process untuk melakukan analisis terkait dengan status produktifitas yang ditetapkan dalam penjualan. (2) Menghitung Potensi Pasar Proses atas perhitungan potensi pasar dijalankan dalam sistem remunerasi sebagai bonus target apabila tercapai potensi pasar secara maksimal. (3) Perhitungan Jam Kerja Jam perhitungan kerja harus dipas...

Langkah Untuk Mencegah PHK dalam Perusahaan

Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) dalam perusahaan tidak sepenuhnya disebabkan oleh perusahaan saja. Dalam beberapa hal, karyawan juga ikut berperan terhadap adanya program PHK tersebut.  Secara prinsip, proses PHK yang dijalankan oleh perusahaan adalah langkah terakhir yang dilakukan oleh perusahaan ketika masa krisis berjalan. Lalu bagaimana cara yang tepat untuk mencegah PHK di dalam perusahaan? Berikut ini adalah tahapan yang dapat dilakukan oleh Perusahaan. (1) Melakukan Kajian Bisnis yang Tepat Ketidakefisienan bisnis adalah salah satu penyebab terbesar dari mengapa PHK dimunculkan. Lakukan kajian secara efektif pada bisnis yang saat ini dimiliki oleh perusahaan sebagai bagian penting untuk mengidentifikasi tingkat efisiensi yang tepat dan harus dijalankan. Peranan HR di sini adalah dengan melakukan proses penilaian terkait dengan potensi sumber daya manusia untuk memaksimalkan bisnis dan menaikkan tingkat efisiensi yang dimiliki oleh perusahaaan. (2) Transformasi Bisnis ...

Tahapan dalam Menyusun Analisis Jabatan dalam Perusahaan

Kegiatan analisis jabatan diperlukan untuk dijalankan dalam perusahaan. Adapun kegiatan analisis jabatan itu sendiri sangat bermanfaat untuk kebutuhan penetapan grade dari jabatan serta kelas jabatan sesuai dengan karakter pekerjaan yang dijalankan. Namun tidak banyak perusahaan mampu untuk melakukan proses analisis jabatan.  Berikut ini adalah tahapan yang dapat dilakukan oleh perusahaan dalam menjalankan proses analisis jabatan. (1) Melakukan Kajian Atas Fungsi Jabatan Melakukan evaluasi atas fungsi jabatan  yang ada dalam organisasi. Kajian tersebut dievaluasi dalam struktur organisasi dan job description.  Apabila perusahaan tersebut telah memiliki SOP fungsi jabatan dapat diidentifikasi dari SOP yang ada. (2) Melakukan Proses Penjabaran Atas Detail Pekerjaan Melakukan proses penjabaran atas pekerjaan yang dijalankan oleh jabatan yang dimaksud. Memastikan adanya pekerjaan yang spesifik yang ada. (3) Melakukan Evaluasi Bobot Pekerjaan Menetapkan pr...