Langsung ke konten utama

Tahapan Menyederhanakan Struktur Organisasi

Struktur Organisasi dalam perusahaan ibarat suatu senjata ampuh dalam menggerakan perusahaan. Namun tidak sedikit perusahaan mengalami permasalahan yang terkait dengan struktur organisasi stikanyang tidak tepat. Ketidaktepatan tersebut dapat menyebabkan adanya konflik dalam organisasi yang menyulitkan organisasi dalam mencapai tujuan yang diharapkan dalam perusahaan.

Bagaimana proses penyederhanaan struktur organisasi itu dijalankan? Berikut ini adalah tahapan yang dapat dilakukan oleh perusahaan untuk menjalankan penyederhanaan struktur organisasi.

(1) Menganalisis Core Business Perusahaan
Mengidentifikasi proses utama dari perusahaan, termasuk di dalamnya memahami fungsi-fungsi yang bertanggung jawab dalam kegiatan core business tersebut.

(2) Mendeskripsikan Fungsional dan Struktural
Melakukan proses penjabaran terkait dengan status fungsional dan struktural dalam peta proses yang terbentuk. Melakukan analisis dengan beberapa metode khusus untuk mendetailkan aspek fungsional dalam struktur organisasi perusahaan.

(3) Melakukan Penetapan Struktur Organisasi
Melakukan proses penetapan struktur organisasi dengan penyederahaan organisasi yang efektif. Melakukan proses penetapan fungsi matriks dalam organisasi.

Bagaimana proses penyederhaan struktur organisasi dijalankan dalam perusahaan Anda? Lakukan proses pencarian referensi eksternal yang tepat dalam manajemen SDM (Sumber Daya Manusia) dalam perusahaan Anda. (amarylliap@gmail.com, 08129369926)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengembangan SDM dalam Manajemen Retail

Dalam mengembangkan manajemen retail pada perusahaan retail, adalah sangat penting untuk memastikan bahwa sumber daya manusia memiliki kompetensi (soft dan hard) yang memadai.  Ketika akan melakukan proses penyusunan program pelatihan, pastikan bahwa program pelatihan menyangkut materi yang menjelaskan unit kompetensi berikut: (1) Leadership skill Sangat dibutuhkan konsep yang kuat pada diri karyawan yang kuat yang mamapu untuk mengembangkan kompetensi pribadinya dan kemampuan untuk tidak berhenti dan secara terus-menerus mengubah dirinya menjadi hal yang positif. " Dalam industri retail, kekuatan untuk mengubah diri menjadi positif adalah hal penting yang untuk dapat menjadi lebih optimis, dapat mengundang pelanggan lebih banyak dan yang terpenting dapat memenangkan kompetisi dengan kompetitor."  Bagaimana pun juga aspek mutu yang terdepan adalah pelayanan, sehingga akan menjadi nilai positif apabila sumber daya manusia yang ada dalam industri ini memiliki kekuatan untuk mem...

Pengembangan Jalur Vertikal dan Horizontal

Bagaimana proses aplikasi dari pengembangan karir seseorang dijalankan dalam suatu jabatan yang sangat bersifat spesialistik. Proses pengembangan terhadap aplikasi karir itu sendiri dapat dilakukan dengan melakukan pengembangan secara vertikal dan horizontal. Penetapan pengembangan status aplikasi horizontal juga akan meliputi konsep pengembangan karir ke arah manajerial dengan menambah ruang lingkup spesialistik yang ada menjadi ruang lingkup pengembangan kompetensi yang lebih luas dalam memahami bidang lainnya. Lalu bagaimana proses konsep pengembangan karir secara vertikal dan horizontal tersebut dijalankan. (1) Jalur karir vertikal Dijalankan dengan meningkatkan fungsi spesialistik dari individu yang ada, kondisi peningkatan jalur vertikal ini hanya dapat muncul apabila konsep pengembangan dari posisi dalam organisasi adalah menduduki konsep strategi fungsional, dimana aspek pengembangan dari komponen organisasi yang dijalankan lebih mendalam ke dalam peningkatan skill indiv...

Strategi "Perampingan" Perusahaan

Bagi banyak perusahaan, kondisi saat ini adalah suatu kondisi yang sulit dan memberikan tantangan tersendiri bagi setiap perusahaan untuk dapat melalui seluruh tantangan yang muncul.  Untuk menjawab tantangan, kadangkala perusahaan harus dapat melakukan langkah strategis.  Salah satunya adalah langkah strategis efisiensi.  Salah satu alternatif efisiensi adalah program "perampingan" sumber daya manusia. Lalu apa saja langkah "perampingan" tersebut dapat dijalankan oleh perusahaan. (1) Melakukan Proses Transformasi Organisasi Ada baiknya perusahaan melakukan kajian terhadap business process dari organisasi. Bagaimana melakukan proses transformasi area kerja yang sebelumnya adalah cost centre menjadi profit centre.  Beberapa tahapan dapat dilakukan seperti misalnya membentuk unit usaha ataupun mengembangkan jenis usaha investasi dan holding management.  Dimana dalam konsep tersebut beberapa divisi yang sebelumnya adalah pendukung dapat dialihkan menjadi profi...