Langsung ke konten utama

Postingan

Pengelolaan Konsep Benefit dalam Perusahaan

Dalam pengelolaan manajemen SDM (Sumber Daya Manusia), selain sistem renumerasi berupa kompensasi, perusahaan dapat menjalankan program pengembangan benefit sebagai salah satu bentuk motivasi yang dapat diberikan kepada perusahaan. Adapun konsep benefit yang dimaksudkan dalam perusahaan dapat berupa tunjangan-tunjangan ataupun program yang dapat meningkatkan kompetensi SDM (Sumber Daya Manusia). Adanya penekanan terhadap karir sebagai bentuk pemberi semangat bagi karyawan adalah menjadi penting untuk dapat dikendalikan. Bagaimana program pengelolan terkait dengan benefit dijalankan dengan baik dalam perusahaan. (1) Melihat Strategi Jangka Panjang Penetapan benefit dijalankan untuk mencapai manfaat jangka panjang baik bagi perusahaan maupun karyawan. Pemberian benefit seperti pembiayaan sekolah bagi karyawan ataupun alokasi pinjaman penyediaan rumah dapat dipertimbangkan sebagai manfaat jangka penjeng. (2) Mempetimbangkan Ikatan Emosional Perusahaan dapat mempertimbangkan untu...

Evaluasi Sistem Manajemen SDM dalam Perusahaan

Dalam konsep pelaksanaan manajemen SDM, adalah penting bagi perusahaan untuk dapat menjalankan evaluasi atas Sistem Manajemen SDM (Sumber Daya Manusia).  Adalah sangat baik bagi perusahaan untuk dapat menjalankan program evaluasi. Lalu bagaimana proses evaluasi yang tepat yang dapat dilakukan untuk memastikan evaluasi terkait dengan manajemen SDM (Sumber Daya Manusia)? (1) Penetapan Kriteria Pencapaian Penetapan kriteria pencapaian dijalankan dengan melakukan analisis secara tepat atas tujuan hasil yang akan diharapkan dari setiap program SDM yang disusun.  Ada baiknya, perusahaan ketika melakukan proses penetapan program SDM menjalankan proses rujukan atas program yang disusun dan melihat kriteria penetapan atas pencapaian berdasarkan pada  rujukan tersebut. (2) Analisis Target Besar harapan dari penetapan target tersebut dijalankan dengan melakukan pendekatan kuantitatif. Untuk mengevaluasi signifikansi antara program dan target, perusahaan dapat untuk menjalank...

Peran Konsultan SDM/ HR dalam Penyusunan program Cost Saving Perusahaan

Apakah saat ini perusahaan Anda sedang menjalankan program cost saving? Banyak perusahaan yang melakukan kesalahan dalam menjalankan Sistem Manajemen HR/SDM ketika mendapati harus menjalankan program cost saving. Untuk mencegah kesalahan dalam melakukan program cost saving, khususnya dalam penetapan program cost saving, ada baiknya perusahaan menggunakan jasa konsultan SDM/ HR untuk memastikan bahwa program cost saving tersebut dapat berjalan secara tepat dan akurat. Berikut adalah peranan konsultan SDM/ HR yang dapat dipastikan untuk digunakan oleh persahaan dalam menyusun program Cost Saving. (1) Mentransformasi Cost Menjadi Value Salah satu tugas penting yang menjadi pertimbangan terkait atas pengubahan antara tenaga kerja sebagai biaya dan tenaga kerja sebagai nilai.  Pertimbangan yang tepat adalah memastikan bahwa biaya yang dialokasikan tersebut dapat terkelola dengan tepat sehingga mendapatkan nilai maksimal. (2) Meningkatkan Aspek Kompetensi yang dipersyaratkan dal...

MENGEVALUASI KELEMAHAN SISTEM REKRUITMEN PERUSAHAAN

Banyak perusahaan saat ini mengeluhkan kualitas manajemen SDM (Sumber Daya Manusia) yang dimiliki, Beberapa perusahaan banyak yang melupakan bahwa terkadang 80% investasi terbesar dari budget SDM adalah teralokasi pada kegiatan pelatihan. Atas program rekruitmen yang dijalankan perusahaan, perusahaan harus melakukan proses evaluasi atas kelemahaman dari kegiatan rekruitmen yang dijalankan. Berikut adalah langkah yang dapat dilakukan oleh perusahaan dalam melakukan evaluasi atas kelemahan sistem rekruitmen. (1) Melakukan Evaluasi Secara Psikometris Proses evaluasi atas metode rekruitmen dapat dilakukan dengan menjalankan pengujian psikometris.  Teknik pengujian ini dilakukan dengan melihat aspek reliabilitas dan validast alat ukur atas output kompetensi yang dipersyaratkan. (2) Melakukan Pendekatan Uji Kompetensi Beberapa perusahaan mempersyaratkan adanya sertifikasi khusus ataupun keperluan uji kompetensi yang ditetapkan untuk dapat menganalisis kompetensi yang dipersyaratk...

Proses Penyusunan Manajemen Kinerja Berbasiskan Resiko

Dalam proses penilaian atas kinerja perusahaan, adalah penting bagi organisasi/ perusahaan untuk dapat mengakomodasi konsep manajemen resiko dalam penyusunan KPI perusahaan. Dalam beberapa kondisi perusahaan harus dapat memastikan bahwa penyusunan sistem manajemen resiko dan strategi kinerja dapat dikombinasikan dengan tepat dan akurat. Berikut adalah beberapa tahapan yang dilakukan oleh perusahaan dalam melakukan proses manajemen kinerja berbasiskan resiko. (1) Mengenali Resiko Operasional pada Jabatan Setiap kali, perusahaan melakukan proses analisis jabatan, ada baiknya perusahaan mengidentifikasi aspek kewenangan serta resiko yang dimunculkan apabila jabatan yang dimaksudkan tersebut tidak dapat menjalankan fungsi pekerjaannya secara tepat. (2) Mengidentifikasi Output Operasional Output operasional dilakukan dari setiap jabatan/ posisi yang ada dalam perusahaan. Bagaimana perusahaan mengidentifikasi setiap output serta melakukan pengendalian terkait dengan sasaran atas peng...

Pelatihan Penyusunan Peraturan Perusahaan

Banyak perusahaan mengalami kesulitan dalam membuat/ menyusun peraturan perusahaan. Beberapa hal lebih banyak disebabkan karena praktisi HR yang ada dalam perusahaan tersebut tidak memahami secara tepat informasi dari kegiatan pelatihan tersebut. Ada baiknya praktisi yang melakukan proses penyusunan Peraturan Perusahaan menjalankan terlebih dahulu pelatihan untuk proses penyusunan peraturan perusahaan ini sebelum kegiatan penyusunan tersebut dibuat. Pelatihan penyusunan peraturan perusahaan bertujuan untuk memberikan pengetahuan terkait dengan kebijakan maupun aspek atas tata tertib/  kedisiplinan karyawan. Bagaimana memastikan bahwa peratura perusahaan dapat mengakomodasi kepentingan perusahaan dan kepentingan karyawan. Pelatihan penyusunan peraturan perusahaan dilakukan selama 1 (satu) hari terkait dengan program peraturan perusahaan.  Adapun program pelatihan tersebut dijalankan sebagai berikut. (1) Memahami persyaratan dan peraturan ketenagakerjaan (2) Memaha...

Menyusun Program Rekruitmen Karyawan yang tepat

Apakah perusahaan Anda selalu mengalami masalah ketika mencari karyawan? Banyak perusahaan pada saat mengalami kesulitan ketika menjalankan  proses rekruitmen karyawan.  Memastikan bagaimana program rekruitmen dijalankan secara tepat, adalah hal yang penting untuk dilakukan proses kajian lebih lanjut. Lalu bagaimana program rekruitmen dapat secara baik dijalankan dalam perusahaan? (1)  Program Integrated Recruitment Program rekruitmen pada dasarnya adalah suatu proses penempatan yang dijalankan dalam perusahaan. Perencanaan atas program rekruitmen harus dijalankan secara terpadu dengan pertumbuhan organisasi serta jalur pengembagan karir karyawan. Memastikan bahwa program rekruitmen diseimbangkan dengan pengembangan perusahaan adalah penting dan dapat menjadi bagian kuat dalam strategi bisnis. (2) Pemetaan Kebutuhan Ada baiknya perusahaan menyusun pemetaan kebutuhan secara tepat. Terkadang banyak Staff HR terfokus pada posisi yang kosong. Ada baiknya, perusahaan m...