Langsung ke konten utama

Postingan

Langkah Taktis dalam Menyusun Sistem Remunerasi Terkait dengan Efisiensi

 Dalam sistem manajemen SDM (Sumber Daya Manusia), salah satu hal yang penting yang menjembatani hubungan antara perusahaan dan pegawai adalah sistem remunerasi.  Sistem remunerasi ini sendiri saat ini menemui tantangan yang nyata bagaimana perusahaan dapat menyeimbangkan antara budget biaya dengan pendapatan, untuk dapat mengembangkan sistem remunerasi yang tepat dan efektif.  Untuk dapat memastikan adanya keseimbangan antara produktifitas dan remunerasi, perusahaan menetapkan desain remunerasi yang efisien melalui tahapan-tahapan sebagai berikut. (1) Pengukuran Kekuatan Struktur Organisasi Perusahaan sebaiknya melakukan proses penilaian/ pengukuran terkait dengan kekuatan organisasi dalam menjalankan proses.  Lakukan identifikasi sampai sejauh mana kekuatan organisasi dapat mengakomodasi efisiensi.  Setiap strategi atas efisiensi harus diperhitungkan dengan tepat dan tanpa ada kesalahan faktor yang dapat beresiko terhadap bisnis perusahaan. (2) Mengidentifikas...

5 Kesalahan Pengelolaan SDM dalam Perusahaan Keluarga

 Ada yang salah apabila berpikir bahwa perusahaan keluarga tidak mampu untuk berkembang dibandingkan dengan perusahaan non keluarga.  Hal ini karena tidak sedikit perusahaan keluarga yang mampu berkembang dan profesional sehingga tidak kalah baiknya dengan perusahaan non keluarga. Namun tidak dapat dipungkiri bahwa pengembangan perusahaan keluarga tidaklah mudah, termasuk di dalamnya terkait dengan pengelolaan Sumber Daya Manusia (SDM) dalam perusahaan. Sebelm melakukan proses perbaikan dalam perusahaan keluarga, berikut ini adalah 5 (lima) kesalahan yang seringkali muncul dalam pengelolaan SDM dalam perusahaan keluarga. (1) Pengelolaan SDM yang Tidak Obyektif Hal ini menjadi salah satu permasalahan utama yang muncul dalam perusahaan.  Konsep kedekatan menjadi parameter utama yang membentuk pengendalian SDM tidak berjalan dengan efektif. Dimana terdapat beberapa karyawan yang terlihat "kebal" dan sulit untuk dituntut untuk menjalankan kinerja secara profesional. (2) Penge...

Mendesain Sistem Penggajian UMKM

 Pada perusahaan berskala kecil, proses mendesain skala pengupahan seringkali menyulitkan.  Penerapan sistem upah minimum terkadang sulit untuk dijalankan dalam perusahaan. Lalu bagaimana cara yang paling tepat yang dapat perusahaan tetapkan dalam mendesain sistem penggajian UMKM.  Berikut ini adalah beberapa tahapan yang dapat dijalankan terkait dengan sistem penggajian UMKM yang dimaksud. (1) Menetapkan Struktur Organisasi Dengan Efisien Memastikan bahwa struktur organisasi yang tersedia di dalam perusahaan adalah struktur organisasi yang tepat.  Disarankan untuk tidak mendesain struktur organisasi yang kompleks dan rumit.  Struktur Organisasi yang sederhana didesain untuk dapat memastikan bahwa organisasi dapat terkelola dengan efisien.  (2) Menetapan Sistem Kepegawaian Memiliki karyawan tetap dalam jumlah banyak dapat menyebabkan adanya beban biaya berlebih. Teliti lebih cermat fungsi pekerjaan yang ada. Memperhatikan sifat pekerjaan, apakah bisa dilaku...

Mendesain Sistem Pengupahan Untuk Divisi Sales

Dalam perusahaan, peranan divisi sales sangat penting untuk menjadi bagian dalam organisasi.  Namun tidak sedikit perusahaan gagal dalam menyusun sistem pengupahan pada divisi sales, yang dimana hal ini menjadi bagian penting dalam mengelola retensi tenaga sales.  Ada baiknya perusahaan mendesain sistem pengupahan yang tepat dan efektif untuk unit kerja sales. Lalu bagaimana proses mendesain sistem pengupahan yang tepat untuk divisi sales? Berikut ini adalah tahapan yang dapat dijalankan dalam mendesain sistem pengupahan yang dimaksudkan tersebut. (1) Melakukan Penetapan Sistem Kepegawaian pada Divisi Sales Melakukan proses pengklasifikasian atas status penetapan karyawan sales.  Terdapat beberapa kriteria jenis pegawai sales yang dapat ditetapkan dalam perusahaan. Seperti karyawan kontrak dalam waktu tertentu, karyawan kontrak tanpa batasan waktu, yang biasanya disebut sebagai karyawan tetap.  Sangat penting bagi perusahaan untuk mengklasifikasikan status keten...

5 Hal yang Harus Diperhatikan Perusahaan dalam Menjalankan Program Efisiensi

Saat ini, banyak perusahaan tengah berhadapan dengan kondisi yang sulit sekaligus menantang dalam menjalankan perusahaan. Salah satu strategi penting yang dapat dilakukan perusahaan adalah dengan menjalankan program efisiensi dalam perusahaan. Ada baiknya ketika menjalankan program efisiensi, perusahaan melihat unit kerja Sumber Daya Manusia dalam menjalankan program yang dimaksud. Untuk dapat mengefektifkan program efisiensi, berikut ini adalah 5 (lima) hal yang perlu diperhatikan untuk menjalankan program efisiensi. (1) Kejelasan Program Program efisiensi yang ditetapkan secara nyata bukan hanya terbatas kepada program umum perusahaan saja.  Program ini harus disusun secara implementatif pada setiap departemen ataupun bagian dalam perusahaan. (2) Penetapan Tanggung Jawab dalam Pelaksanaan Program Melakukan proses penetapan terkait dengan tanggung jawab yang berkaitan dengan program efisiensi yang ditetapkan oleh perusahaan.  Penetapan tanggung jawab yang diberikan ol...

Tahapan Menyederhanakan Struktur Organisasi

Struktur Organisasi dalam perusahaan ibarat suatu senjata ampuh dalam menggerakan perusahaan. Namun tidak sedikit perusahaan mengalami permasalahan yang terkait dengan struktur organisasi stikanyang tidak tepat. Ketidaktepatan tersebut dapat menyebabkan adanya konflik dalam organisasi yang menyulitkan organisasi dalam mencapai tujuan yang diharapkan dalam perusahaan. Bagaimana proses penyederhanaan struktur organisasi itu dijalankan? Berikut ini adalah tahapan yang dapat dilakukan oleh perusahaan untuk menjalankan penyederhanaan struktur organisasi. (1) Menganalisis Core Business Perusahaan Mengidentifikasi proses utama dari perusahaan, termasuk di dalamnya memahami fungsi-fungsi yang bertanggung jawab dalam kegiatan core business tersebut. (2) Mendeskripsikan Fungsional dan Struktural Melakukan proses penjabaran terkait dengan status fungsional dan struktural dalam peta proses yang terbentuk. Melakukan analisis dengan beberapa metode khusus untuk mendetailkan aspek fungsional ...

Manfaat Menyusun Analisis Jabatan

Banyak perusahaan yang belum melakukan proses penyusunan analisis jabatan. Hal ini bisa saja belum dijalankan akibat perusahaan belum memahami manfaat dari proses penyusunan analisis jabatan itu sendiri. Untuk itu, alangkah baiknya perusahaan memahami manfaat dalam menjalankan proses penyusunan analisis jabatan. Berikut ini adalah manfaat yang dapat dijalankan oleh perusahaan dalam menjalankan kegiatan analisis jabatan. (1) Menganalisis Beban Kerja Salah satu manfaat yang muncul dari proses analisis jabatan adalah terevaluasinya beban kerja dari suatu jabatan. Bagaimana beban kerja dari suatu jabatan terinformasi secara hirarkis dalam perusahaan, memahami resiko yang ada serta kompetensi yang ditetapkan dalam proses analisis jabatan. (2) Menyusun Grade Jabatan Manfaat yang dijalankan dalam analisis jabatan adalah penetapan grade jabatan yang ditetapkan dalam organisasi. Menetapkan skala kuantifikasi dari uraian jabatan menjadi nilai nominal grade pekerjaan. (3) Menjalankan Pr...