Langsung ke konten utama

Postingan

Evaluasi Sistem Manajemen SDM dalam Perusahaan

Dalam konsep pelaksanaan manajemen SDM, adalah penting bagi perusahaan untuk dapat menjalankan evaluasi atas Sistem Manajemen SDM (Sumber Daya Manusia).  Adalah sangat baik bagi perusahaan untuk dapat menjalankan program evaluasi. Lalu bagaimana proses evaluasi yang tepat yang dapat dilakukan untuk memastikan evaluasi terkait dengan manajemen SDM (Sumber Daya Manusia)? (1) Penetapan Kriteria Pencapaian Penetapan kriteria pencapaian dijalankan dengan melakukan analisis secara tepat atas tujuan hasil yang akan diharapkan dari setiap program SDM yang disusun.  Ada baiknya, perusahaan ketika melakukan proses penetapan program SDM menjalankan proses rujukan atas program yang disusun dan melihat kriteria penetapan atas pencapaian berdasarkan pada  rujukan tersebut. (2) Analisis Target Besar harapan dari penetapan target tersebut dijalankan dengan melakukan pendekatan kuantitatif. Untuk mengevaluasi signifikansi antara program dan target, perusahaan dapat untuk menjalank...

Peran Konsultan SDM/ HR dalam Penyusunan program Cost Saving Perusahaan

Apakah saat ini perusahaan Anda sedang menjalankan program cost saving? Banyak perusahaan yang melakukan kesalahan dalam menjalankan Sistem Manajemen HR/SDM ketika mendapati harus menjalankan program cost saving. Untuk mencegah kesalahan dalam melakukan program cost saving, khususnya dalam penetapan program cost saving, ada baiknya perusahaan menggunakan jasa konsultan SDM/ HR untuk memastikan bahwa program cost saving tersebut dapat berjalan secara tepat dan akurat. Berikut adalah peranan konsultan SDM/ HR yang dapat dipastikan untuk digunakan oleh persahaan dalam menyusun program Cost Saving. (1) Mentransformasi Cost Menjadi Value Salah satu tugas penting yang menjadi pertimbangan terkait atas pengubahan antara tenaga kerja sebagai biaya dan tenaga kerja sebagai nilai.  Pertimbangan yang tepat adalah memastikan bahwa biaya yang dialokasikan tersebut dapat terkelola dengan tepat sehingga mendapatkan nilai maksimal. (2) Meningkatkan Aspek Kompetensi yang dipersyaratkan dal...

MENGEVALUASI KELEMAHAN SISTEM REKRUITMEN PERUSAHAAN

Banyak perusahaan saat ini mengeluhkan kualitas manajemen SDM (Sumber Daya Manusia) yang dimiliki, Beberapa perusahaan banyak yang melupakan bahwa terkadang 80% investasi terbesar dari budget SDM adalah teralokasi pada kegiatan pelatihan. Atas program rekruitmen yang dijalankan perusahaan, perusahaan harus melakukan proses evaluasi atas kelemahaman dari kegiatan rekruitmen yang dijalankan. Berikut adalah langkah yang dapat dilakukan oleh perusahaan dalam melakukan evaluasi atas kelemahan sistem rekruitmen. (1) Melakukan Evaluasi Secara Psikometris Proses evaluasi atas metode rekruitmen dapat dilakukan dengan menjalankan pengujian psikometris.  Teknik pengujian ini dilakukan dengan melihat aspek reliabilitas dan validast alat ukur atas output kompetensi yang dipersyaratkan. (2) Melakukan Pendekatan Uji Kompetensi Beberapa perusahaan mempersyaratkan adanya sertifikasi khusus ataupun keperluan uji kompetensi yang ditetapkan untuk dapat menganalisis kompetensi yang dipersyaratk...

Proses Penyusunan Manajemen Kinerja Berbasiskan Resiko

Dalam proses penilaian atas kinerja perusahaan, adalah penting bagi organisasi/ perusahaan untuk dapat mengakomodasi konsep manajemen resiko dalam penyusunan KPI perusahaan. Dalam beberapa kondisi perusahaan harus dapat memastikan bahwa penyusunan sistem manajemen resiko dan strategi kinerja dapat dikombinasikan dengan tepat dan akurat. Berikut adalah beberapa tahapan yang dilakukan oleh perusahaan dalam melakukan proses manajemen kinerja berbasiskan resiko. (1) Mengenali Resiko Operasional pada Jabatan Setiap kali, perusahaan melakukan proses analisis jabatan, ada baiknya perusahaan mengidentifikasi aspek kewenangan serta resiko yang dimunculkan apabila jabatan yang dimaksudkan tersebut tidak dapat menjalankan fungsi pekerjaannya secara tepat. (2) Mengidentifikasi Output Operasional Output operasional dilakukan dari setiap jabatan/ posisi yang ada dalam perusahaan. Bagaimana perusahaan mengidentifikasi setiap output serta melakukan pengendalian terkait dengan sasaran atas peng...

Pelatihan Penyusunan Peraturan Perusahaan

Banyak perusahaan mengalami kesulitan dalam membuat/ menyusun peraturan perusahaan. Beberapa hal lebih banyak disebabkan karena praktisi HR yang ada dalam perusahaan tersebut tidak memahami secara tepat informasi dari kegiatan pelatihan tersebut. Ada baiknya praktisi yang melakukan proses penyusunan Peraturan Perusahaan menjalankan terlebih dahulu pelatihan untuk proses penyusunan peraturan perusahaan ini sebelum kegiatan penyusunan tersebut dibuat. Pelatihan penyusunan peraturan perusahaan bertujuan untuk memberikan pengetahuan terkait dengan kebijakan maupun aspek atas tata tertib/  kedisiplinan karyawan. Bagaimana memastikan bahwa peratura perusahaan dapat mengakomodasi kepentingan perusahaan dan kepentingan karyawan. Pelatihan penyusunan peraturan perusahaan dilakukan selama 1 (satu) hari terkait dengan program peraturan perusahaan.  Adapun program pelatihan tersebut dijalankan sebagai berikut. (1) Memahami persyaratan dan peraturan ketenagakerjaan (2) Memaha...

Menyusun Program Rekruitmen Karyawan yang tepat

Apakah perusahaan Anda selalu mengalami masalah ketika mencari karyawan? Banyak perusahaan pada saat mengalami kesulitan ketika menjalankan  proses rekruitmen karyawan.  Memastikan bagaimana program rekruitmen dijalankan secara tepat, adalah hal yang penting untuk dilakukan proses kajian lebih lanjut. Lalu bagaimana program rekruitmen dapat secara baik dijalankan dalam perusahaan? (1)  Program Integrated Recruitment Program rekruitmen pada dasarnya adalah suatu proses penempatan yang dijalankan dalam perusahaan. Perencanaan atas program rekruitmen harus dijalankan secara terpadu dengan pertumbuhan organisasi serta jalur pengembagan karir karyawan. Memastikan bahwa program rekruitmen diseimbangkan dengan pengembangan perusahaan adalah penting dan dapat menjadi bagian kuat dalam strategi bisnis. (2) Pemetaan Kebutuhan Ada baiknya perusahaan menyusun pemetaan kebutuhan secara tepat. Terkadang banyak Staff HR terfokus pada posisi yang kosong. Ada baiknya, perusahaan m...

Memahami Pengelolaan Pensiun Karyawan Perusahaan

Ketika BPJS Tunjangan Hari Tua, banyak perusahaan yang melihat bahwa penetapan perusahaan atas kewajiban terkait dengan tunjangan hari tua tersebut memberikan beban tersendiri bagi perusahaan.  Dimana perusahaan melihat kebutuhan terkait dengan BPJS hari tua tersebut adalah investasi yang belum strategis dijalankan pada saat ini. Meskipun dalam peraturan perundangan telah ditetapkan adanya suatu aturan mengenai kewajiban tersebut, namun dalam pelaksanaannya banyak perusahaan mengalami banyak kendala terhadap pembuatan program pensiun karyawan. Selain dengan budget, program BPJS ini tidak dapat mengikat aspek loyalitas karyawan terhadap perusahaan. Selain dengan menggunakan program BPJS, beberapa perusahaan menjalankan program pensiun dengan menggunakan sistem pengumpulan dalam bentuk Yayasan ataupun Badan Dana Pensiun. Pengelolaan atas dana pensiun seperti ini akan terbatas sesuai dengan Undang-undang pemerintah. Namun apabila proses pengelolaan dana pensiun dapat dijalankan ...