Langsung ke konten utama

Pentingnya Konsultan Pengembangan Budaya Perusahaan

Saat ini,  sangat penting bagi perusahaan untuk memiliki budaya perusahaan yang tepat.  Budaya perusahaan itu sendiri dapat dipergunakan sebagai suatu bentuk manajemen strategi yang tepat dalam melakukan transformasi bisnis.

Namun ada kalanya perusahaan memiliki kesulitan dalam menjalankan prises transformasi bisnis.  Sehingga pelaksanaan dan implementasi dari budaya perusahaan tidak berjalan dengan maksimal. 

Untuk dapat memaksimalkan penerapan  dari budaya perusahaan,  adalah tidak salah untuk mempergunakan jasa konsultan. 

Adapun peranan konsultan tersebut dalam pengembangan budaya adalah sebagai berikut.

(1) Mengidentifikasi Nilai-nilai
Konsultan menggambarkan informasi yang tepat untuk pengembangan budaya perusahaan.  Termasuk di dalamnya bagaimana memastikan bahwa nilai yang tepat sesuai dengan kondisi perusahaan.

(2) Menyusun Kompetensi Nilai Perusahaan
Dari nilai yang terbentuk maka disusunlah kompetensi yang nanti nya menjadi kompetensi dari pendukung nilai perusahaan.

(3) Strategi
Setelah dipetakan dengan seksama maka dilakukan proses penyusunan strategi terkait dengan pelaksanaan bagaimana konsep nilai akan dicapai.

(4) Memberikan Pelatihan
Menyusun rencana terkait dengan pengembangan agen perubahan yang akan ada di dalam perusahaan.  Memastikan bahwa pelatihan tersebut berjalan dengan tepat agar tim agen perubahan terbentuk.

(5) Memandu Implementasi
Bersama dengan agen perubahan menjalankan perubahan yang tepat.  Membentuk pola kerja yang berjalan sesuai nilai.

(6) Mengevaluasi Implementasi Pengelolaan Budaya Perusahaan
Menyusun indikator penilaian yang akan menjadi bentuk kuantitatif dari perubahan budaya perusahaan tersebut.

Bagaimana penerapan sistem dan budaya perusahaan berjalan saat ini di perusahaan Anda? Lakukan proses pencarian referensi eksternal yang tepat untuk dapat mengembangkan budaya perusahaan Anda.  (amarylliap@gmail.com,  08129369926)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengembangan SDM dalam Manajemen Retail

Dalam mengembangkan manajemen retail pada perusahaan retail, adalah sangat penting untuk memastikan bahwa sumber daya manusia memiliki kompetensi (soft dan hard) yang memadai.  Ketika akan melakukan proses penyusunan program pelatihan, pastikan bahwa program pelatihan menyangkut materi yang menjelaskan unit kompetensi berikut: (1) Leadership skill Sangat dibutuhkan konsep yang kuat pada diri karyawan yang kuat yang mamapu untuk mengembangkan kompetensi pribadinya dan kemampuan untuk tidak berhenti dan secara terus-menerus mengubah dirinya menjadi hal yang positif. " Dalam industri retail, kekuatan untuk mengubah diri menjadi positif adalah hal penting yang untuk dapat menjadi lebih optimis, dapat mengundang pelanggan lebih banyak dan yang terpenting dapat memenangkan kompetisi dengan kompetitor."  Bagaimana pun juga aspek mutu yang terdepan adalah pelayanan, sehingga akan menjadi nilai positif apabila sumber daya manusia yang ada dalam industri ini memiliki kekuatan untuk mem...

Pengembangan Jalur Vertikal dan Horizontal

Bagaimana proses aplikasi dari pengembangan karir seseorang dijalankan dalam suatu jabatan yang sangat bersifat spesialistik. Proses pengembangan terhadap aplikasi karir itu sendiri dapat dilakukan dengan melakukan pengembangan secara vertikal dan horizontal. Penetapan pengembangan status aplikasi horizontal juga akan meliputi konsep pengembangan karir ke arah manajerial dengan menambah ruang lingkup spesialistik yang ada menjadi ruang lingkup pengembangan kompetensi yang lebih luas dalam memahami bidang lainnya. Lalu bagaimana proses konsep pengembangan karir secara vertikal dan horizontal tersebut dijalankan. (1) Jalur karir vertikal Dijalankan dengan meningkatkan fungsi spesialistik dari individu yang ada, kondisi peningkatan jalur vertikal ini hanya dapat muncul apabila konsep pengembangan dari posisi dalam organisasi adalah menduduki konsep strategi fungsional, dimana aspek pengembangan dari komponen organisasi yang dijalankan lebih mendalam ke dalam peningkatan skill indiv...

Strategi "Perampingan" Perusahaan

Bagi banyak perusahaan, kondisi saat ini adalah suatu kondisi yang sulit dan memberikan tantangan tersendiri bagi setiap perusahaan untuk dapat melalui seluruh tantangan yang muncul.  Untuk menjawab tantangan, kadangkala perusahaan harus dapat melakukan langkah strategis.  Salah satunya adalah langkah strategis efisiensi.  Salah satu alternatif efisiensi adalah program "perampingan" sumber daya manusia. Lalu apa saja langkah "perampingan" tersebut dapat dijalankan oleh perusahaan. (1) Melakukan Proses Transformasi Organisasi Ada baiknya perusahaan melakukan kajian terhadap business process dari organisasi. Bagaimana melakukan proses transformasi area kerja yang sebelumnya adalah cost centre menjadi profit centre.  Beberapa tahapan dapat dilakukan seperti misalnya membentuk unit usaha ataupun mengembangkan jenis usaha investasi dan holding management.  Dimana dalam konsep tersebut beberapa divisi yang sebelumnya adalah pendukung dapat dialihkan menjadi profi...